Kopi dikenal sebagai sumber antioksidan yang tinggi. Selain itu, meneguk beberapa cangkir kopi sehari, dipercaya dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, Alzheimer, dan kanker prostat.

Ranah Kopi

sehat kopi

Layaknya mengonsumsi cokelat, menyeruput kopi juga punya aturan jika tak ingin kehilangan khasiatnya. Biji kopi harus dipanggang dengan tepat, penyimpanannya tertata, dan metode meminumnya pun harus diperhatikan.

Berikut ini, langkah-langkah paduan membuat kopi sehat, seperti dilansir Fox News:

Memilih kopi

Efek antioksidan kopi berhubungan dengan senyawa yang disebut asam klorogenik. Dengan dipanggang atau roasting, asam tersebut diubah menjadi antioksidan. Pilihlah biji berwarna cokelat muda, jika mampir ke gerai kopi waralaba, mintalah kopi asli.

Penyimpanan

Biji kopi panggang memiliki radikal bebas, jika semakin lama terkena udara akan menyebabkan masalah, radikal bebas semakin meningkat. Simpanlah biji kopi di wadah kedap udara dan tidak menggilingnya sampai siap untuk diseduh.

Menyeduh

Para peneliti di Italia menemukan beberapa metode seduh kopi yang berbeda. Di antaranya, dengan penyeduhan moka pot, espresso pot, dan pot Neapolitan. Jika ingin menghasilkan Americano, tambahkan air panas pada espresso.

Takaran Cangkir

Kopi hitam tanpa gula adalah yang terbaik. Sedikit gula tidak menambah kalori, tetapi susu dapat mengurangi kadar antioksidan. Tentu saja, jika Anda menggunakan gula, atau pemanis buatan, sama saja dengan mengaduk kalori, atau bahan kimia. Cara untuk menangani pahit adalah dengan tambahan kayu manis bubuk secukupnya.

 

Sumber: http://life.viva.co.id/news/read/556425-ini-cara-sehat-dengan-kopi