Sumber: Empati dan Etika di Kedai Kopi http://bit.ly/18yIsBg

 

Sebagai pengunjung coffee shop yang setia, kamu sering dong merhatiin tipe-tipe pengunjung cafe yang beraneka ragam itu? Pasti ada dari para pengunjung coffee shop yang lucu, aneh, dan mungkin bikin kesel. Atau barangkali kamu sendiri (tanpa sadar) juga pernah ngelakuin hal yang sama dengan mereka. Nah, kira-kira apa lagi yah kelakuan para pengunjung cafe yang lucu-lucu ini?

Fakir Wi-Fi

Pertama adalah pengunjung coffee shop yang fakir wi-fi. Baru melangkah masuk melewati pintu dan ke kasir, yang pertama ditanya bukan minuman favorit, tapi “Di sini ada wi-fi atau nggak ya?”  Tipe pengunjung yang ini udah ketauan dong tujuan ke coffee shop-nya ngapain. Entah itu buat kerja, atau memang pengen ngabisin waktu aja, yang jelas dia perlu internet! Ya nggak apa-apa sih sebenernya, asal kalo duduknya berjam-jam, mesen minumnya juga jangan irit-irit banget ya. Kalo jadi yang punya coffee shop juga pasti kesel kan kalo ada pengunjung yang pesen minum cuma satu tapi duduknya bisa lima jam?

Fakir Colokan

Agak mirip nih sama yang di atas, biasanya pengunjung yang satu ini kalo dateng ke coffee shop yang pertama ditanya pasti posisi colokan ada di sebelah mana. Hehehe… Memang di jaman sekarang itu kayaknya orang bisa ngerasa merana banget kalo batre HP/laptop pas udah mau tewas. Asal jangan lupa gantian ya kalo baterenya udah mau penuh, soalnya banyak orang yang senasib dan sepenanggungan di coffee shop.

Kurang Perhatian sama Petunjuk

Sebagian besar coffee shop, apalagi di Indonesia, pasti ada wilayah perokok dan bukan perokok. Tipe pengunjung yang ini suka nggak perhatian sama petunjuk wilayah perokok dan bukan perokok nih. Pas mereka bawa anak ke wilayah perokok dan ada yang ngerokok, kadang suka ada yang marah-marah. Yah, maksudnya sih baik buat ngelindungin anaknya, tapi tempatnya salah. Hehehe…

Diambil dari http://bit.ly/18yIsBg

Diambil dari http://bit.ly/18yIsBg

Pencinta Musik Garis Keras

Entah lagi nggak bawa headset atau nggak suka sama lagu-lagu yang diputer di coffee shop, tipe pengunjung yang satu ini suka masang musik pake speaker dengan volume yang kadang-kadang ngalahin lagu asli yang lagi diputer di ruangan. Hmm… Memang sih itu gadget mereka, tapi kalo semua orang muter musiknya sendiri kenceng-kenceng, coffee shop-nya bisa ganti nama jadi pasar dong ntar.

Coffee Shop Rasa Club

Tipe pengunjung yang satu ini mungkin cukup sering clubbing, soalnya kalo ngomong di mana-mana volume suaranyanya suka agak berlebihan, termasuk di coffee shop. Memang sih, coffee shop itu bukan perpustakaan yang keheningan suaranya harus dijaga. Tapi sebaiknya kalo lagi ngobrol suaranya dipelanin biar nggak ganggu orang sebelah yang (mungkin) lagi meeting. Eh tapi siapa tau obrolannya menarik dan bisa jadi bahan buat kamu twit ya? Hehe…

 

Intinya sih, kalo lagi coffee shop coba hormati semua orang yang ada di sana yuk, mau itu sesama pengunjung ataupun barista. Apalagi kalo kamu pelanggan tetap yang udah kenal sama barista-baristanya, sekalian ngasih tips jangan lupa. Hehehe…

Jadilah pengunjung kopi yang punya empati dan ngerti etika. Niscaya kalo kamu datang lagi ke coffee shop yang sama, mereka akan menyambut kamu dengan senang hati. Akur?