Segala yang instan belum tentu baik. Oleh karena itu, kopi instan seringnya tak dianjurkan untuk dikonsumsi.

MASYARAKAT Indonesia (dan juga dunia) masih banyak yang mengonsumsi kopi instan dikarenakan efisiensi waktu dan juga rasanya yang (katanya) enak. Kopi instan muncul pada first wave era ketika pada masa itu industri kopi sedang tergila-gila dengan sesuatu yang praktis dan mudah. Juga pada masa itu masih berkecamuk Perang Dunia sehingga kelahiran kopi instan disambut sangat baik oleh para tentara yang membutuhkan konsumsi kafein di medan perang. Kopi instan menjadi idola pada masanya dan masih menjadi salah satu kopi yang banyak dikonsumsi.

kopi-instan

Poster vintage salah satu brand kopi instan

Tapi tahukah kamu kopi instan bukanlah kopi yang baik untuk dikonsumsi secara terus menerus? Jika kamu belum tahu alasan untuk tidak mengonsumsi kopi instan, berikut kami paparkan untuk kamu semua.

Kopi Instan Diolah dengan Tidak Alami

Banyak zat kimia yang terlibat sangat kopi instan diolah. Tak seperti menyeduh kopi segar, kopi instan telah diciptakan sedemikian rumit agar dapat dinikmati dengan waktu yang sesingkat-singkatnya. Kopi instan memakan banyak sekali zat kimia yang jika dipaparkan terdengar sangat mengerikan. Banyak bahan pengawet yang digunakan untuk campuran kopi yang membuat kopi instan tahan lama.

Kopi Instan Bukanlah Kopi tapi Perasa Kopi

Bisakah kamu bayangkan secangkir kopi instan yang dikemas sedemikian rupa dengan rasa manis dan pahit yang nikmat tapi dijual dengan harga yang sangat rendah? Ya, kopi yang segar, sehat dan datang dari biji yang berkualitas takkan mungkin dijual murah. Ada sebuah tanda tanya besar kenapa kopi instan bisa dijual dengan sangat murah. Jawabannya adalah karena kopi instan tidak mengandung kopi 100% tetapi perasa kopi buatan yang rasanya tentu mirip kopi. Jadi yang kamu minum selama ini bukanlah kopi, tapi semacam minuman RASA kopi. He-he-he.

Salah satu tekstur kopi instan yang ada di pasaran

Salah satu tekstur kopi instan yang ada di pasaran

Kopi Instan Tak Mengandung Anti-Oksidan

Seperti diketahui bahwa kopi mengandung anti-oksidan alami yang kaya akan asam klorogenat yang mampu membantu melindungi tubuh terhadap radikal bebas yang berbahaya. Juga anti-oksidan yang terkandung dalam kopi mampu membantu melawan sel penuaan. Dan kopi instan tentu tidak mengandung anti-oksidan yang dibutuhkan tubuh. Proses pembuatan kopi instan yang tak alami menghilangkan anti-oksidan yang ada di dalam kopi. Itu kenapa kopi instan tak baik untuk dikonsumsi.

Kopi Instan Tidak Memberikan Nikmatnya Pengalaman Menyeduh Kopi

Dengan mengonsumsi kopi instan tentu kamu tak akan mengalami kenikmatan proses menyeduh kopi. Mulai dari bermain dengan temperatur air, bermain dengan rasio, aneka biji kopi dengan beragam flavor, serta menggunakan beragam alat seduh yang menyenangkan. Kopi instan yang bersifat praktis takkan memungkinkan kamu melatih skill menyeduh kopi yang sebenarnya bisa kamu kembangkan.

kopi-instan

Kopi instan tak memberikan pengalaman menyeduh yang menyenangkan

Kopi Instan Tak Memungkinkan Kamu Mengeksplorasi

Kopi instan hanya terbatas pada satu rasa kopi. Kopi instan jelas membatasi kamu mengeksplorasi kopi. Apa yang disajikan pada kopi instan, itulah yang kamu rasakan. Berbeda dengan kopi yang dihasilkan dari biji segar. Dengan kopi jenis ini kamu bisa mengeksplorasi cita rasa kopi dari berbagai bagian. Berbeda cara seduh, berbeda rasa yang kamu dapatkan. Berbeda tingkat kehalusan, berbeda pula rasa yang kamu dapatkan. Pada kopi instan, hal-hal ini sudah pasti tidak bisa kamu dapatkan.

Sudah tahukan kenapa kamu seharusnya tak mengonsumsi kopi instan? Semoga artikel ini membantu ya.

 

Foto dari gea.com, venturesafrica.com, zcache.com, sightglasscoffee.com

Sumber: http://majalah.ottencoffee.co.id/5-alasan-untuk-tidak-mengonsumsi-kopi-instan/